Solusi TV Rusak Mati Total

Bagi sobat yang senang mengutak-atik TV, mungkin akan tertantang untuk memperbaiki TV tetangga yang rusak, khususnyaTV yang mati total. Selain untuk menambah pengalaman dan membantu orang lain, kegiatan ini dapat juga mendatangkan rizki lho jika yang punya ngasih jasa servis. Nah, untuk tujuan tersebut, saya sajikan alternatif solusi TV rusak mati total.

Umumnya, TV rusak mati total dapat disebabkan oleh beberapa hal, yang jika diurutkan sesuai pengalaman adalah sebagai berikut:

  1. Rusak pada regulator/power suplay
  2. Rusak pada Bagian Horizontal
  3. Rusak pada Bagian Oscilator
  4. Rusak pada Bagian Progam

Solusi TV Rusak Mati Total

Untuk memperbaikinya, tentu kita harus mendeteksi dulu penyebab dan gejalanya. Kerusakan TV mati total salah satu penyebabnya adalah tidak stabilnya tegangan dari listrik. Nah, agar tidak terjadi lagi, sobat tentu harus membekalinya dengan penstabil tegangan.

Selanjutnya mari kita ikuti langkah-langkah perbaikan TV Rusak Mati Total, yang kali ini saya fokuskan ke Bagian Power Supply. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Buka cover  bagian belakang televisi lalu bersihkan debu yang menempel;
  2. Cek kabel yang menghubungkan TV ke listrik;
  3. Cek sekering di PCB TV tersebut pastikan dalam keadaan baik;
  4. Cek komponen-kompenen dalam rangkaian Power Supply seperti dioda atau kiprok, capasitor (ELCO), transistor (TR) dan ganti dengan yang baru jika ada yang rusak sehingga tegangan  +115 Voltnya keluar.

Jika tegangan +115 Volt tersebut keluar namun TV tetap mati, langkah selanjutnya adalah mengecek Bagian Horizontal yang akan kita bahas pada postingan selanjutnya. Demikian tips Solusi TV Rusak Mati Total. Pastikan sobat memahami alur pengecekan serta risiko yang mungkin saja muncul pada perbaikan TV agar sobat terhindar dari bahaya tegangan tinggi. Semoga bermanfaat. Salam. 

No comments:

Post a Comment