Tips Menangkal Petir untuk TV


Ketika musim hujan, kita sering khawatir dengan TV kita yang bisa saja rusak terkena petir. Meski dalam hal lokasi, kita tidak berada di tempat paling tinggi, kilatan petir bisa saja mengarah pada TV kita. Nah, untuk meminimalisir terjadinya hal tersebut, berikut saya sajikan Tips Menangkal Petir untuk TV.

Televisi bisa saja tersambar petir meski lokasinya masih beberapa puluh meter dari pusat petir. Hal ini dikarenakan besarnya voltase listrik dari petir dapat merambat melalui udara, mengenai antena TV anda dan mengaliri komponen  elektronik pada TV.  Sebagai dampaknya, TV dapat kehilangan penerimaan sumber gelombang sehingga tidak dapat menampikan siaran TV. Bahkan hal yang terparah, TV bisa terbakar. Untuk meminimalisirnya, ikuti langkah-langkah berikut:

Jangan dihidupkan ketika hujan.
Ketika hujan turun, usahakan mematikan TV, mencabut steker yang menghubungkan TV ke listrik, serta melepaskan colokan antena. Hal ini untuk mencegah aliran petir sampai ke pesawat TV. Ingat, petir bisa datang tiba tiba sebelum sobat menyadarinya.

Jangan pakai antena luar.
Jika penerimaan kurang bagus, kita sering menggunakan antena luar. Nah, agar aman dari petir, usahakan mengoptimalkan keberadaan booster atau alat penguat sinyal dan meletakkan antena di dalam rumah. Selain aman, cara ini juga lumayan lebih rapi. Antena dapat kita sembunyikan di plaforn rumah kita.

Akan tetapi jika terpaksa menggunakan antena luar untuk penerimaan sinyal yang maksimal, gunakan saja tiang antena yang berpenangkal petir, atau terbuat dari bahan penghantar listrik agar ketika petir datang, voltasenya dapat teralirkan dengan baik dan tidak merembet ke pesawat TV.

Itulah sekilas tentang Tips Menangkal Petir untuk TV. Memang kedatangan petir tidak dapat terprediksi, namun jika hujan mulai turun, kita bisa saja melakukan beberapa upaya pencegahan, termasuk dengan mengikuti tips ini. Semoga bermanfaat. Salam

No comments:

Post a Comment