Memilih Antena TV yang Bagus


Memilih Antena TV yang Bagus memang gampang-gampang susah jika kita hanya berpatokan pada rekomendasi merk tanpa memperhitungkan langkah-langkah penting sebelum memasangnya. Nah, untuk mendapatkan penerimaan siaran TV yang baik dan jernih, ada baiknya sobat memahami beberapa poin berikut.

Dalam memilih antena TV luar atau outdoor yang bagus, seringkali kita dihadapkan pada beragam ukuran. Nah, dari pemilihan ukuran yang pas, sobat harus mempertimbangkan beberapa hal terkait pemasangat antena itu sendiri. Dari pengalaman selama ini, berikut beberapa diantaranya:
Antena TV Luar yang Bagus

Lokasi Rumah
Lokasi rumah sangat mempengaruhi penentuan jenis antena yang akan sobat beli. Jika rumah sobat dekat dengan pemancar, memilih antena dengan ukuran sedang atau bahkan paling kecil sekalipun umumnya dapat menangkap siaran TV dengan baik. Akan tetapi jika sobat berada jauh dari pemancar, memilih antena dengan ukuran lebih besar akan mengahsilkan kualitas gambar yang lebih baik pula.

Pemakaian Booster
Jika sobat memutuskan memakai penguat sinyal atau sering disebut booster antena, pemilihan antena tidak harus yang berukuran besar. Penguatan sinyal booster umumnya telah mumpuni sehingga pemakaian antena dengan ukuran kecil pun sering mampu memberikan kualitas gambar yang bening dan jernih. Bahkan jika sobat ingin memaksakan penggunaan antena yang berukuran besar dengan tetap memakai booster, gambar sering menjadi berbayang karena kelebihan kekuatan penagkapan sinyal siaran TV.

Ketinggian Tiang
Sebenarnya, keterkaitan utama pemilihan antena dengan ketinggian tiang adalah semakin besar ukuran antena TV, tentu tiang juga harus semakin besar dan kuat sehingga tidak rubuh jika terkena tiupan angin. Bayangkan jika sobat memasang antena yang berukuran besar dengan tiang yang kekecilan, angin biasa pun tentu akan mampu menggoyangkan antena sehingga kualitas gambar yang dihasilkan pun terganggu. Intinya, semakin besar tiang yang sobat pakai, semakin besar pula ukuran antena yang dapat sobat beli.

Penempatan Antena
Antena TV luar sangat rentan terkena panas dan hujan sehingga kualitasnya pasti akan menurun dalam jangka waktu tertentu. Oleh karena itu, sobat dapat menentukan sendiri seberapa terlindungi antena tersebut dari terpaan angin, hujan, dan panas. Semakin aman lokasi penempatannya, semakin besar pula ukuran antena TV yang dapat sobat pakai. Kadang antena dapat saja sobat letakkan di lantai 2 atau plafon rumah yang tertutup meski pada dasarnya berjenis antena luar. Jika memang terlindungi, piliha saja antena yang berukuran cukup besar.



Itulah sekilas poin-poin penting sebelum sobat menentukan Memilih Antena TV yang Bagus. Pastikan sobat memahami alur pemasangan serta penempatan antena tersebut agar hasilnya optimal. jernih tidaknya gambar tidak selalu karena antena yang branded namun bagaimana kita memasangnya dengan tepat. Salam.

No comments:

Post a Comment