Mengubah Monitor Komputer menjadi TV



Adakalanya kita ingin menambah TV di rumah karena seringnya harus berebutan dengan anggota keluarga lain. Akan tetapi, dana yang kita siapkan belum mencukupi untuk membeli TV baru dan yang ada hanya komputer jadul yang jarang terpakai. Nah, agar tidak pusing, kenapa tidak kita ubah saja komputer itu menjadi TV? Untuk langkahnya, berikut saya sajkan cara mengubah monitor komputer menjadi TV.

Mengubah komputer menjadi TV sangatlah mudah dan murah. Selain itu, sobat juga tidak harus mengalokasikan tempat ganda untuk menaruh TV serta komputer tersebut. Terlebih jika sobat tinggal di rumah sempit atau kos, memiliki komputer dan TV sekaligus sering menjadi sebuah alternatif memperoleh hiburan yang murah. Dan jika tempat menjadi masalahnya, sobat dapat mengikuti langkah mengubah monitor komputer menjadi TV berikut ini:

Pertama-tama, sobat harus membeli TV tuner eksternal di toko komputer terdekat. Jika monitor sobat berjenis tabung, TV tuner untuk jenis ini cukup murah, sekitar 130 hingga 150 ibu Rupiah, tergantung merk dan serinya. Akan tetapi jika monitor sobat berjenis LCD, harga TV tunernya akan relatif lebih mahal, kisaran 200 ribu keatas. 

Cara Mengubah Monitor Komputer menjadi TV
Kedua, pilihlah antena yang cocok sesuai lokasi sobat. Jika memungkinkan, pasang saja antena di dalam rumah atau ruangan dengan membeli booster dan antena internal. Umumnya, dengan lokasi yang dekat pemancar, penerimaan gambar akan cukup bening. Akan tetapi jika ingin hasil kualitas gambar yang baik, pakailah antena luar dengan segala perniknya. 

Ketiga, pasang antena tersebut dan tuner TV yang telah sobat beli sesuai buku petunjuknya. Buku ini tidak harus sobat beli karena telah ada dalam paket TV tuner yang sobat miliki, plus dengan remote controlnya. Tinggal pasang kabel-kabel yang sesuai dengan colokan dan ikuti langkah-langkahnya dalam buku panduan, monitor sobat akan berubah menjadi TV.

Memiliki TV tuner tidak hanya akan membantu sobat memiliki TV baru. Dengan adanya TV tuner, sobat masih dapat menghidupkan komputer sewaktu-waktu dan menonton TV dengan satu monitor secara bergantian. Selain irit tempat, biayanya pun jauh lebih murah dibanding jika sobat harus membeli TV baru. Sekian ualasan cara mengubah monitor komputer menjadi TV dan semoga bermanfaat.

8 comments:

sss said...

Mantap gan

sss said...

Mantap gan

Unknown said...

Trio's ya gan info nya

ifra said...

`terima kasih infonya.... berguna banget

TheNextRain said...

Mantapz

Unknown said...

Entar saya mau nyoba ah.

andry said...

apakah tv tuner jg suport thd sambungan parabola ?

asadsd said...

Om, brati gak butuh cpu? Cm butuh monitor bekas, udah?

Post a Comment