Cara Menangkap Siaran Digital


Sebentar lagi keberadaan siaran TV analog akan tergerus oleh munculnya siaran TV digital yang lebih jernih dan stabil. Timbul suatu kekhawatiran, bagaimana nasib pesawat TV jaman dulu yang masih berjenis tabung. Haruskan kita menggantinya dan apa efeknya jika tidak diganti? Nah, agar tidak bingung, mari kita telusuri nasib TV lama untuk menangkap siaran digital.

Siaran TV digital umumnya akan mampu menghasilkan gambar-gambar dengan kualitas yang lebih detail. Dengan kemampuan ini, film-film berkualitas HD dapat kita nikmati memalui sistem digital tersebut. Akan tetapi kita harus sadar bahwa untuk menonton film berkualitas HD tersebut, perangkat TV juga harus mendukung.

TV Lama untuk Menangkap Siaran Digital
Dari realita ini, ketika kita memaksakan menggunakan TV jadul, tentu kualitas tersebut tidak dapat kita nikmati sepenuhnya, karena TV Jadul membutuhkan converter sinyal digital ke analog. Dengan converter ini, otomatis sinyal kualitas gambar dan suara akan menurun sehingga tidak akan mampu memberikan nuansa orisinil ketika pertama kali disiarkan.

Jadi intinya, TV lama masih dapat digunakan untuk menangkap siaran TV digital, dengan konsekuensi salah satunya adalah penurunan kualitas gambar yang ditampilkan. Hal ini memang menjadi salah satu kelemahan TV jadul jika dimanfaatkan untuk mengakses teknologi baru. Menariknya, TV-TV layar datar dnegan kualitas digital sudah semakin terjangkau sehingga kita bisa segera mengganti TV jadul tersebut.

No comments:

Post a Comment