Apa Itu TV Digital


Seiring trend TV Digital yang mulai merambah Indonesia, pernak-pernik TV Digital mulai mewarnai kehidupan. Dengan berbagai kelebihannya, bahkan sistem TV Digital ini telah diadopsi beberapa negara maju, baik di benua Eropa maupun Amerika. Sebenarnya, apa itu TV Digital?

Apa Itu TV Digital
Pada dasarnya, TV Digital merupakan istilah yang mengacu pada penyiaran televisi digital terrestrial, yaitu  penyiaran yang menggunakan frekuensi radio VHF / UHF namun dengan format konten yang digital. Kelebihan utama dari sistem TV Digital ini adalah sebagai berikut:
  • Menyampaikan gambar dan suara dengan jernih hingga titik dimana sinyal tidak dapat diterima lagi. Hal ini tentu jauh lebih bagus dari sistem saat ini, yakni sistem TV Analog dimana semakin jauh pemirsa TV, semakin jelek pula gambar yang diterima. .
  • Kualitas gambar TV Digital jauh lebih baik sehingga sobat tidak akan lagi menemukan gambar TV berbayang maupun gambar penuh semut atau bintik-bintik kecil yang kadang sobat temui pada TV Analog. 
  • TV Digital lebih interaktif karnea pemirsa memperoleh fasilitas tambahan seperti EPG (Electronic Program Guide) untuk mengetahui acara-acara yang telah dan akan ditayangkan kemudian serta secara langsung memberikan rating terhadap suara program siaran.
Intinya, jika dibanding TV Analog yang ada saat ini, sistem penyiaran televisi digital lebih menarik karena tidak hanya mampu menyalurkan data gambar dan suara dengan jernih, namun juga memiliki kemampuan multifungsi dan multimedia seperti layanan interaktif dan bahkan informasi peringatan dini bencana. Inilah sebuah terobosan baru dalam dunia per-televisian.

Itulah informasi tentang apa itu TV Digital. Menariknya, pada awal tahun 2012 yang lalu, Indonesia melalui Peraturan Menteri Kominfo No. 05 tahun 2012 telah mengadopsi standar penyiaran televisi digital terestrial Digital Video Broadcasting - Terrestrial second generation (DVB-T2) yang merupakan pengembangan dari standar digital DVB-T yang sebelumnya ditetapkan pada tahun 2007. Tentu dengan adanya kebijakan ini, sebentar lagi kita akan dapat menikmati TV Digital tersebut.

No comments:

Post a Comment