Apa itu Bezel pada LED TV


Pada sebuah promosi LED TV, pengiklan menggunakan kata bezel sebagai salah satu titik perhatian. Dengan kemasan kalimat yang cukup persuasif, desain bezel TV layar datar tersebut seolah menjadi salah satu keunggulan yang disuguhkan. Sebenarnya, apa itu bezel pada LED TV?

Menurut beberapa sumber, kata bezel berasal dari dunia berlian atau batu mulia lainnya, yaitu rangka yang menjadi penyangga atau tempat dari batuan bernilai tinggi tersebut. Dalam dunia gadget, khususnya TV-TV layar datar saat ini, bezel sering didefinisikan sebagai frame atau rangka luar di sekeliling layar. Dengan kata lain, bezel merupakan area yang mengelilingi layar.

Apa itu Bezel pada LED TV
Jaman dahulu, bezel TV dibuat agak tebal atau lebar. Bezel pada jaman tersebut memiliki fungsi untuk melindungi layar. Hal ini dikarenakan TV-TV jaman dahulu terbuat dari tabung riskan rusak, karena sekali retak, gambar tidak akan muncul. Namun seiring perkembangannya, bezel saat ini dibuat semakin tipis, bahkan kurang dari 1 inch. Selain menambah elegan tampilan TV, bezel pada era ini memiliki 2 (dua) manfaat utama yakni:

Membuat layar lebih lega
Dengan dimensi atau ukuran rangka yang sama, tentunya semakin tipis bezel, semakin luas pula layar LED yang dapat disematkan kepadanya. Sebagai contoh, dengan diagonal frame 30 inch, dengan ketebalan bezel 1 inch, maka layar LED dapat diptimalkan hingga 29 inch. 

Memperkecil sekat ketika beberapa layar dijadikan satu
Pada pemanfaatan khusus, terutama di stasiun TV, layar dengan bezel yang tipis sangat berguna untuk meminimalisir sekat antar layar tersebut sehingga pada jarak tertentu, beberapa layar yang disandingkan nampak merupakan satu kesatuan layar yang luas. 

Itulah sekilas tentang apa itu bezel pada LED TV. Subyektivitas pemilihan LED TV dengan bezel yang semakin tipis tentu tergantung pada opini kita masing-masing. Memang semakin tipis bezel, semakin elegan pula tampilannya, namun kita tentu harus hati-hati dengan benturan yang bisa saja terjadi pada LED TV tersebut karena semakin tipis pelindung tepi layar, semakin riskan pula kerusakan yang mungkin terjadi. 

No comments:

Post a Comment