TV Berlayar Warna Biru Polos


Suatu ketika, munkin kita pernah menemukan layar TV kita tiba-tiba berwarna biru, gambar tidak muncul, dan suara juga demikian. Nah, sebenarnya apa penyebab utama TV kita jadi demikian? Berikut sedikit ulasan cara memperbaiki TV bergambar warna biru polos.

TV yang memunculkan warna biru polos tanpa suara secara umum disebabkan oleh tidak adanya sinyal yang masuk ke pesawat elektronik tersebut. Hal ini biasanya disebabkan oleh dua hal, yaitu:

Penyebab Layar TV Muncul Warna Biru Polos Tanpa Suara

Kerusakan pada Stasiun TV
Hal ini mungkin saja dikarenakan pemancar atau BTS pemancar mengalami masalah. Umumnya gangguan ini tidak terlalu lama, dan gambar akan segera pulih jika gangguan dapat segera diatasi oleh para teknisi. Yang terpenting bahwa sobat tidak perlu mengutak-atik TV sobat, ganti aja ke channel lain dulu sambil menunggu teknisi melaksanakan tugasnya.

Kerusakan Pada TV Sobat
Jika dikategorikan, ada dua penyebab utama munculnya gambar biru pada layar TV sobat, yaitu lepasnya colokan antena dan rusaknya rangkaian penangkap sinyal di TV sobat. Untuk mengatasinya, coba sobat liat kabel yang menghubungkan TV sobat dengan booster atau antena. Jika colokan antena lepas, berarti sobat tinggal menyambungnya kembali dan gambar pun akan kembali muncul. 

Akan tetapi jika ternyata kabel dan colokan antena masih bagus, kemungkinan besar rangkaian perangkap sinyal TV sobat bermasalah. Jika benar, dapat saja sobat cek tunernya, atau percayakan saja pada bengkel TV terdekat. Untuk penggantian rangkaian penangkap sinyal, sobat tidak harus mengeluarkan banyak Rupiah, kecuali TV sobat merupakan seri terbaru, maka biaya akan menggelembung dan parahnya, kadang sparepart belum tersedia. Untuk itu, tanyakan kepada bengkel TV tersebut apakah dapat diperbaiki kerusakannya tanpa mengganti rangkaian tersebut.

Nah, itulah sekilas tentang penyebab layar TV muncul warna biru. Intinya ada dua kemungkinan jika sobat menemukan fenomena kayak gitu, yaitu kerusakan ada pada stasiun TV atau TV sobat perlu diperbaiki. Ok Sob, semoga bermanfaat. Salam

9 comments:

LOVELYZ TRILOGY said...

keren ini min, makasih sudah share ini
https://www.bukalapak.com/p/elektronik/elektronik-lainnya/5pfkd-jual-power-supply-cody-3005dt

Unknown said...

Klo bukan tunnernya jg berarti ap lagi penyebabnya bos...?!
Soalnya dipencet tombolnya gak berfubgsi

Ecengembres said...

Kasih masukanya ky orang tolol idiot u

Nur cholis said...

Masukane wong gendeng

Shikamaru Nara said...

infonya sangat bermanfaat bagi ane
Solder uap

Rajo said...

Iyo.. Kirain tahu yang rusak apanya...nih malah nyuruh kebengkel

Unknown said...

Gak bermanfaaaaaaaaaaaatttttttt... kok malah nyuruh kebengkel...

lubis said...

Gampang beli tv baru aja beres

Unknown said...

Oh

Post a Comment