Pengertian Apa Itu Smart TV


Apa itu smart TV? TV dengan kemampuan koneksi internet? Tidak sepenuhnya tepat, meski memang salah satu fitur andalan perangkat ini adalah koneksi internet. Jadi apa sebenarnya yang disebut smart TV itu? Mari kita telusuri.

Smart TV sering disebut juga TV cerdas, yang memiliki beragam kemampuan seperti memutar video dan musik, menjelajah chanel-chanel di dunia maya, hingga merespon sejumlah gerakan dari kita. Jadi sebenarnya, penyebutan smart TV sebagai TV dengan koneksi internet ada benarnya, namun tidak mewakili sepenuhnya. Koneksi internet pada smart TV hanyalah salah satu fitur yang ditawarkannya, dan kemampuan smart TV jauh melebihi anggapan tersebut. Itulah bayangan awal kita tentang apa itu smart TV.

Pengertian Apa Itu Smart TV
Seperti apa smart TV itu? Jika sulit membayangkan, smart TV juga dapat kita samakan dengan smartphone. Artinya, TV cerdas pada dasarnya sama dengan ponsel cerdas, perbedaan intinya adalah fungsi utama dari keduanya: TV cerdas dengan fungsi utama sebagai perangkat untuk menonton siaran TV, sementara ponsel cerdas sebagai alat komunikasi. Jadi dapat dibayangkan bahwa tambahan cerdas disini bukanlah terbatas namun meliputi koneksi internet di dalamnya.

Logikanya, jika hanya koneksi internet semata, tentu ponsel-ponsel biasa yang memiliki fitur koneksi internet juga dapat kita sebut ponsel cerdas, akan tetapi kenyataannya tidak demikian bukan? Jadi jika kita kembali ke apa itu smart TV. Smart TV adalah TV yang memiliki beragam kemampuan canggih yang akan memanjakan kita dengan banyak sekali kemudahan. Saat ini saja, smart TV yang ada di pasaran ada yang memiliki fitur respon pada gerakan tangan, mungkin saja kedepan, selain gambar yang lebih tajam, smart TV dapat kita operasikan dengan suara, seperti halnya ponsel cerdas saat ini.

Nah, itulah sekilas tentang apa itu smart TV. Memang tidak ada definisi yang mudah dipahami oleh orang awam seperti kita tentang smart TV itu sendiri. Definisi-definisi smart TV yang ada saat ini cenderung sangat teknis dan sulit dipahami. Namun demikian, semoga gambaran ini dapat lebih memberikan pemahaman kita terhadap apa sebenarnya smart TV itu. Semoga bermanfaat, salam.

No comments:

Post a Comment