Gambar TV Bening Tapi Berbayang


Adakalanya ketika kita mengatur antenna TV, justru gambar yang dihasilkan meliuk-liuk dan seolah memiliki bayangan, padahal bening hampir tanpa noise. Tentu bukan kualitas gambar seperti ini yang kita harapkan, namun gambar yang bening dan normal. Sebenarnya, apa penyebab dan solusi gambar TV bening tapi berbayang tersebut?

Gambar bening namun berbayang pada TV kita umumnya disebabkan oleh sinyal yang terlalu kuat. Artinya, kekuatan sinyal yang ditangkap tuner TV kita berlebihan sehingga menimbulkan bayangan. Hal ini sering disebabkan oleh pemakaian booster sebagai alat penguat tangkapan sinyal padahal secara geografis, kita berada dekat dengan pemancar. Untuk mengatasinya, ada dua cara, yaitu:
Mengatasi Gambar TV Bening Tapi Berbayang

Mengatasi Gambar TV Bening Tapi Berbayang melalui Booster Antena
Caranya: Atur Gain Control kearah minimal. Gain Control merupakan tombol pengatur kekuatan sinyal yang umumnya ada di booster antenna atas. Sobat dapat memakai obeng kecil untuk memutarnya berlawanan dengan arah jarum jam sehingga berada posisi minimal, atau sesuai kebutuhan. Bentuknya bulat berlobang tengah yang muat ujung obeng. Umumnya, didekat tombol tersebut tertulis UHF Gain atau VHF Gain. Sesuaikan tombol mana yang akan sobat atur: VHF untuk stasiun pemancar yang bekerja di salurah UHF, dan VHF untuk mereka yang bekerja disaluran VHF.

Mengatasi Gambar TV Bening Tapi Berbayang dengan Melepas Booster Antena
Jika sobat merasa terganggu dengan gambar TV yang bening namun kadang berbayang, alternatif lain yang dapat sobat lakukan adalah mencopot booster yang sobat pakai. Untuk mendapatkan sinyal yang lebih baik, cobalah kembali mengatur koneksi TV dengan antenna, baik panjang kabel, posisi kabel, maupun keulitas kabelnya. Ganti jika perlu dengan kualitas yang lebih bagus. Penggunaan booster hanya efektif jika sobat berada jauh dari sinyal TV yang cukup kuat. Umumnya, dengan letak yang tidak terlalu jauh dari pemancar, hanya dengan kabel dan antenna pun, kualitas gambar TV akan optimal.

Itulah sekilas tentang solusi mengatasi gambar TV bening tapi berbayang. Berdasarkan pengalaman saya selama ini, jika kita berada tidak jauh dari pemancar TV, memperbaiki letak, panjang, dan posisi kabel antenna jauh lebih efektif hasilnya daripada menggunakan booster sebagai penguat sinyal. Selain hasil gambarnya tidak berbayang, konsumsi listrik tentu akan lebih irit karena kita tidak memerlukan lagi booster bawah (adaptor) yang tentu membutuhkan daya listrik. 

5 comments:

joko waluyo said...

Bang aku mw
nanya ,aku sudah
pasang booster atas
baru dan booster
dalam pake yang
lama ,tapi kq malah gk
ada gambar ya..pdhl
udh ngikuti
petunjuk..makasih
pencerahanya.

Blogger Gundul said...

@Joko Waluyo: Tidak ada gambar maksudnya gimana Gan? Layar berwarna biru polos atau gambar bersemut? Coba booster atas yang lama dipasang lagi. Mengecek bagus tidaknya sebuah booster memang agak ribet, bongkar-pasang sampai berkali2.

joko waluyo said...

gambar biru polos..bos booster lama dah hancur.skrg beli yg baru...booster dalam ada pengaruhnya gak bos? tapi indikator masih nyala.makasih

Dodik Irjayanto said...

Kalo menvgunakan antena tv yang pake rotator bagaimana menghilangkan bayangannya?

Fachri Rusli said...

mau tanya mas..saya cuma pake abel dan antena saja.tanpa pake boster.gambar bening tapi tetep ada bayangannya..gmn ya?

Post a Comment