Cara Menikmati TV Digital


Seiring digulirkannya Peraturan Menteri Kominfo No. 05 tahun 2012 tentang Standar Penyiaran Televisi Digital Terestrial Penerimaan Tetap Tidak Berbayar (Free to Air), Indonesia akan mulai mengadopsi standar penyiaran televisi digital terestrial Digital Video Broadcasting. Kebijakan ini tentu membuat kita bingung apakah harus ganti TV atau harus berbuat apa untuk dapat menikmati siaran TV. Nah, untuk itu, berikut saya sajikan cara menikmati TV Digital tersebut.

Pada dasarnya, untuk menikmati TV digital, sobat tidak harus membeli TV baru. Bahkan TV jadul pun dapat sobat manfaatkan untuk menonton siaran TV digital ini. Caranya pun mudah dan nampaknya akan semakin murah karena kita hanya membutuhkan sebuah perangkat penangkap sinyal TV digital tersebut yang populer dengan nama Set Top Box. 

Cara Menikmati TV Digital
Cara kerja perangkat set top box ini sangat sederhana, yakni menangkap sinyal TV digital dan mengubahnya lagi ke sinyal TV analog. Harga perangkat ini memang belum dapat dipastikan karena memang jaringan TV Digital belum optimal disuguhkan. Dengan demikian, kita tidak harus buru-buru memburunya di toko-toko elektronik yang juga belum tentu telah menyediakannya. Kita tunggu saja sampai pada saatnya harga perangkat untuk menikmati TV digital tersebut semakin terjangkau.

Itulah cara menikmati TV digital. Dengan keberadaan siaran TV digital ini, tentu kita akan semakin nyaman dalam menonton TV. Gangguan gambar berbayang hingga layar penuh bintik pun tidak akan lagi kita temui. Inilah sebuah perubahan yang kita harapkan membawa kemanfaatan yang positif. 

No comments:

Post a Comment