Mengatasi Remote TV Bermasalah


Suatu ketika, mungkin saja dibuat galau karena remote TV sobat tiba-tiba ngadat. Meski dipnecet ratusan kali, layar TV pun tidak berubah. Apa yang terjadi? Membanting remote? Tentu jangan. Aar lebih siap menghadapi situasi yan tak terduga tersebut, berikut saya sajikan tips mengatasi remote TV bermasalah.

Umumnya, masalah kerusakan remote TV diatasi dengan membeli remote baru atau mencari versi murahnya, atau yang sering kita kenal dengan remote TV universal. Hanya dengan harga kurang dari 20 ribu Rupiah, kita dapat kembali menghidupkan TV kesayangan kita. Akan tetapi, dengan remote murah tersebut, kita harus pusa untuk tidak bisa memfungsikan beragam fitur menarik dalam TV kita, karena memang remote jenis tersebut tidak menyediakan tombolnya. Nah, pilihan terbaik tentu mengatasi remote TV bermasalah tersebut dengan memperbaikinya.


Mengatasi Remote TV Bermasalah

Pada dasarnya, mengatasi remote TV bermasalah harus didasarkan pada beberapa kerusakan umum seperti dibawah ini:

Tidak Merespon Perintah
Penyebab remote TV tidak merespon perintah umumnya karena oleh dua hal, yakni pasokan daya tidak ada atau lampu infra merah mati. Jika daya tidak ada, hal ini bisa saja disebabkan oleh habisnya baterai remote atau koneksi baterai putus. Untuk mengatasi masalah remote TV yang tidak merespon perintah, sobat dapat mengganti baterai dengan yang baru, memeriksa koneksi baterai, serta mengganti lampu infra merah di dalam rangkain remote TV tersebut.

Tidak Peka
Penyebab remote TV tidak peka umumnya karena baterai sudah mau habis. Untuk mengatasi ketidakpekaan remote TV ini, sobat dapat melakukan penggantian baterai dengan yang lebih bagus dan baru sehingga mampu memberikan daya yang optimal. Usahakan menggunakan baterai yang berkualitas bagus karena jika sembarangan, biasanya justru akan meninggalkan karat pada konektor baterai.

Beberapa Tombol Tidak Fungsi
Penyebab remote TV yang beberapa tombolnya tidak fungsi uumunya karena karbon yang menjadi konektor antara tut atau tombol dengan PCB sudah aus. Untuk mengatasi permasalahan beberapa tombol pada remote TV yang tidak mau berfungsi, sobat dapat membuka rangkaian remote tersebut, membersihkan karbon dengan lap halus atau tisseu, dan menambah ketebalan karbon dengan memanfaatkan atau menggosok-gosokkan karbon yang ada pada ujung pensil.

Itulah sekilas tips mengatasi remote TV bermasalah. Seperti kata pepatah, lebih baik sedia payung sebelum hujan, yang artinya sediakan ilmu sebelum kita terdesak. Jadi, mengetahui penyebab dan mengatasi remote rusak memang tidak setiap hari kita temui, namun dengan pengetahuan tersebut, sobat tidak harus pusing tatkala tiba-tiba remote ngadat dan perlu perbaikan. Semoga bermanfaat, salam.

No comments:

Post a Comment