Merekam Siaran TV dengan Komputer


Sobat gila bola tapi malas begadang? Kenapa tidak merekam saja pertandingan sepakbola kesayangan sobat dengan komputer dan menontonnya ketika pagi hari? Nah, untuk melakukannya, kali ini Pitulimo sajikan cara mudah merekam siaran TV dengan Komputer.

Pada dasarnya, komputer kita dapat diubah menjadi TV yang mampu menangkap siaran dari berbagai stasiun, baik Indosiar, TranTV, TVOne, dan lain sebagainya. Alat yang kita perlukan untuk melakukannya disebut TV Tuner, yang dibagi menjadi TV Tuner Internal serta TV Tuner Eksternal. TV Internal harus dipasang melekat pada mainboard komputer dan hanya akan hidup jika kita menghidupkan komputer. Sementara itu TV Tuner eksternal dipasang diluar komputer dan hanya memanfaatkan monitor komputer kita saja. 

Cara Merekam Siaran TV dengan Komputer
Nah, untuk merekam siaran TV, kita memerlukan TV Tuner berjenis Internal yang melekat pada komputer. Pemasangannya pun cukup mudah, tinggal melekatkan chip TV Tuner Internal tersebut ke mainboard, dan mengikuti langkah-langkah dalam buku panduan yang telah disediakan di box TV Tuner tersebut serta menambahkan antena penangkap sinyal, komputer pun memiliki tambahan fungsi untuk menangkap siaran TV.

Untuk merekam siaran TV yang kita inginkan, caranya juga sangat mudah. Kita hanya harus mengatur jam berapa siaran yang ingin kita rekam tersebut dan secara otomatis, komputer akan melakukan perekaman sehingga nantinya dapat kita putar ulang. Agar bekerja optimal, kita harus menyisihkan space yang besar untuk menyimpan hasil rekaman tersebut. Jika ditaksir, kira-kira siaran TV yang berdurasi satu jam akan membutuhkan tempat sekitar 400 MB. Jadi, jika sobat ingin merekam pertandingan sepakbola, alokasikan saja space sekitar 1 GB. 

Selain itu, dengan memakai TV Tuner Internal, sobat dapat melihat TV seraya mengetik atau melaksanakan tugas-tugas lain yang membutuhkan komputer. Seperti halnya memainkan video di komputer, siaran TV dapat kita tonton langsung dilayar komputer tanpa harus meminimize windows yang sedang kita buka. Mudah bukan? Tentu akan sangat menyenangkan jika kita dapat melakukannya melalui komputer kita.

Memang untuk menambah fungsi TV ini, sobat harus menyisihkan uang saku yang cukup besar, sekitar 300 ribuan, namun dengan fungsi yang fleksibel tersebut, sobat akan mendapatkan nilai tambah yang jarang sobat temui. Demikian sekilas tentang cara mudah merekam siaran TV dengan komputer. Semoga bermanfaat. Salam.

No comments:

Post a Comment