Solusi TV Tidak Menangkap Siaran

Pernahkah sobat mendapati televisi di rumah hanya menyuguhkan gambar layar biru tanpa siaran? Jika belum pernah dan tiba-tiba mengalami hal seperti itu, mungkin sobat akan panik, khususnya ketika sedang menanti siaran favorit. Nah, buat sobat semua, kali ini saya sajikan tips solusi TV tidak menangkap siaran.

Ketidakbisaan pesawat televisi menangkap siaran dari stasiun TV biasanya ditunjukkan oleh dua gambar yang berbeda, yang masing-masing memiliki makna. Apa itu? TV yang tidak bisa menyuguhkan gambar siaran TV biasanya akan memiliki layar yang berwarna biru dan gambar semut-semut kecil. Solusi dari kedua gambar tersebut juga berbeda, berikut informasinya.



Layar TV berwarna biru
Kondisi layar TV yang berwarna biru dapat disebabkan oleh dua hal umum yakni tidak tersambungnya colokan antena dan rusaknya tuner. Untuk pengecekan, silahkan sobat teliti colokan antena TV tersebut, apakah tersambung dengan baik atau belum karena biasanya colokan antena belum terlalu masuk dan menyebabkan penangkapan sinyal siaran tidak maksimal.

Jika colokan antena telah terpasang dengan baik dan benar, namun layar masih biru, ada kemungkinan rangkaian Tuner TV sobat yang bermasalah. Untuk mengeceknya, sobat ganti mode input TV dengan mode lain, seperti input dari video misalnya, jika berfungsi baik, kemungkinan besar Tuner TV sobat perlu diperbaiki atau diganti.  

Layar TV berupa pola seperti semut
Jika sobat mendapati layar TV hanya berupa pola-pola seperti segerombolan semut, kemungkinan besar jaringan antena sobat yang belum baik. Hal ini bisa disebabkan colokan antena yang kurang pas ditancapkan, atau kabel dan antena yang belum optimal pemasangannya. Benahi jalur antena yang telah terpasang dan pastikan semuanya sudah ok.

Kabel antena yang terlalu panjang namun masih menyisakan gulungan dalam jalurnya dapat berakibat tangkapan sinyal kurang maksimal. Pastikan kabel yang sobat pakai telah sesuai dengan jarak antara antena dengan TV. Usahakan tidak ada gulungan kabel dalam pemasangan antena tersebut.

Nah, itulah sekilas tentang solusi TV tidak menangkap siaran. Ada baiknya, sobat memastikan pemasangan antena dan TV telah dilakukan dengan baik dan teliti sebelum membawa TV sobat ke bengkel untuk diperbaiki tunernya. Semoga bermanfaat. Salam. 

No comments:

Post a Comment