Sinyal LED TV Lemah, ini Solusinya


Beberapa hari yang lalu, saya menemukan permasalahan unik yang sekaligus menjadi salah satu pengalaman berharga. Waktu itu, saya mendapati LED TV di rumah saudara tiba-tiba tidak bisa dihidupkan untuk menonton TV. Setelah sejumlah langkah dilakukan, kesimpulannya adalah lemahnya sinyal LED TV. Nah, pertanyaannya, bagaimana solusi untuk sinyal LED TV yang lemah?

Kesimpulan bahwa sinyal LED TV lemah saya dasarkan atas beberapa pengalaman sebelumnya. Dahulu, ketika jaman TV tabung, menangkap sinyal TV dari pemancar tidak harus kuat. Hanya dengan menempelkan seutas kabel ke colokan tuner, gambar dari siaran TV pun dapat ditangkap, meski dengan kualitas gambar yang bersemut. Untuk memperbagus gambar, tinggal menambahkan antena diujung kabel.

Sinyal LED TV Lemah, ini Solusinya
Namun saat ini, di tengah serbuan TV-TV layar datar sekelas LED TV, kualitas tangkapan sinyal harus kuat. Hal ini terbukti ketika saya menggunakan seutas kabel sebagai antena darurat untuk menangkap sinyal, gambar dari pemancar manapun tidak tertangkap. Layar LED TV hanya berupa warna biru polos tanpa semut.

Setelah memperbaiki kabel-kabel yang menuju ke antena, dan pemasangan antena sudah sesuai petunjuk, ternyata LED TV dapat menampilkan gambar dari siaran TV. Ini membuktikan bahwa memang LED TV harus kuat sinyal, jika tidak, layar hanya akan menampilkan warna polos tersebut.

Untuk mensiasati agar gambar LED TV nyaman dilihat, saya pun memasang antena luar dengan panjang kabel sekitar 10 meter. Hasilnya LED TV dapat menangkap sinyal, meski kadang gambarnya kurang jernih sehingga tidak nyaman dilihat. Untuk mengoptimalkan kejernihan gambar, akhirnya saya putuskan untuk memasang parabola yang dapat menangkap siaran TV digital, dan hasilnya memang sangat jernih seperti melihat video. Itulah solusi Sinyal LED TV Lemah.

Demikian sekilas tentang pengalaman saya tentang sinyal LED TV yang lemah dan solusinya. Jadi, jika sobat mendapati LED TV tiba-tiba hanya menampilkan warna biru polos di layar, perbaiki dulu jalur pemasangan antena, karena umumnya kerusakan terjadi di jalur tersebut, bukan di tuner TV, lalu jika perlu, pasang antena digital atau parabola agar gambarnya semakin yahuud. Semoga bermanfaat. Salam.

3 comments:

Post a Comment