Mengatasi Tuner LCD TV Rusak


Beberapa hari yang lalu, saya mendapati LCD TV pelanggan tidak berfungsi. Kejadian ini diawali dengan layar TV yang biru polos karena tidak diterimanya siaran TV dari channel-channel yang sebelumnya telah diset. Upaya mengutak-atik antena pun juga telah dilakukan namun hasilnya nihil. Beberapa tes dan pengecekan tegangan pun mengarah pada rusaknya tuner. Akhirnya, saya pun menyarankan 3 alternatif solusi tuner LCD TV rusak.

Meski pada dasarnya, kerusakan tuner pada LCD atau LED TV sangat jarang, dampak petir yang tidak langsung dapat saja membuat rangkaian tuner tersebut rusak. Sayangnya, penggantian tuner pada LCD atau LED TV tidak seperti pada TV tabung yang tinggal mengganti komponen yang rusak. Tuner pada TV jenis ini umumnya melekat pada satu PCB besar, dengan beberapa rangkaian lain sehingga penggantiannya pun harus satu rangkaian, persis seperti servis komputer.

Permasalahannya, penggantian satu rangkaian tersebut membutuhkan biaya yang cukup besar. Bahkan untuk rangkaian yang terdapat tunernya tersebut, pelanggan harus merogoh kocek sekitar sepertiga dari harga beli LCD atau LED TV. Biaya ini tentu akan terasa mahal karena jika dilihat, kerusakan sesungguhnya mungkin hanya terletak pada satu komponen kecil. Sebagai solusi tuner LCD atau LED TV rusak tersebut, saya memberikan 3 alternatif:

Mengganti Rangkaian Tuner
Penggantian rangkaian TV Tuner ini dapat dilakukan dengan menghubungi servis center LCD atau LED TV tersebut. Tanyakan ketersediaan spare part-nya sekaligus harganya. Menurut pengalaman saya  harga rangkaian TV Tuner untuk LCD TV sekitar sepertiga dari harga belinya. Penggantiannya cukup mudah, sama seperti mengganti rangkaian dalam komputer, tinggal bongkar dan pasang.

Membeli TV Tuner untuk Monitor Komputer
Jika sobat menganggap biaya penggantian TV tuner LCD sebesar sepertiga dari harga beli, sobat dapat mencoba solusi alternatif yang lebih murah, yakni memanfaatkan TV Tner untuk monitor komputer. TV tuner inilah nanti yang akan menjadi media penangkap sinyal siaran TV dan menyalurkannya ke LCD atau LED TV sobat. Pemasangan cukup mudah, hanya menggunakan colokan VGA yang terdapat di belakang TV.

Memasang Parabola
Nah, solusi ini memang berbiaya yang lebih besar dibanding penggantian tuner. Akan tetapi, hasilnya juga jauh lebih joss karena sobat tidak hanya akan menikmati gambar yang lebih jernih, namun juga lebih variatif. Sobat dapat memanfaatkan colokan RCA atau bahkan HDMI yang ada di belakang LCD atau LED TV dan tidak lagi memerlukan TV tuner yang rusak tersebut. Beragam pilihan paket parabola tersedia dan siap untuk sobat manfaatkan denagn biaya ektra tanpa harus mengganti TV tuner yang rusak.

Itulah sekilas tentang solusi alternatif mengatasi tuner LCD dan LED TV yang rusak. Jika sobat mendapati kejadian seperti tuner LED TV yang mati, namun layar tetap bisa untuk menampilkan gambar dari DVD player, ketiga solusi ini dapat dicoba. Semoga bermanfaat. Salam

No comments:

Post a Comment