Cara Mengatasi Remote TV Rusak



Mengatasi Remote TV Rusak - Mendapati remote control TV yang rusak tentu membuat kita lepas dari sebuah kenyamanan dalam menonton. Betapa tidak, jika alat tersebut rusak, kita harus wira-wiri memencet tombol untuk mengganti channel ataupun menyesuaikan keras suara audionya. Sebagai solusinya, berikut saya sajikan tips mengatasi remote TV rusak.

Mengatasi remote TV yang rusak harus dilakukan dengan langkah-langkah yang berurutan karena kerusakannya pun juga kadang bervariasi. Dari beberapa kesmepatan, berikut sejumlah kerusakan remote control TV yang sering terjadi:

Mengatasi Remote TV Rusak
Beberapa Tombol Tak Fungsi
Jika remote TV sobat rusak seperti ini, yakni beberapa tombol tidak fungsi, kemungkinan besar lapisan karbon dari tombol-tombol tersebut mulai menipis. Biasanya, permasalahan seperti ini dapat diatasi dengan membersihkan koneksi dari tut (bagian bawah tombol) dengan rangkaian yang umumnya memakai lapisan karbon. Jika menipis, sobat dapat membubuhkan karbon pensil dengan cara menggosok-gosokkannya.

Kurang Peka
Kekurangpekaan remote control dapat saja terjadi. Kadang dengan sekali sentuhan tombol, tidak ada reaksi di TV. Hal ini sering disebabkan oleh lemahnya tenaga baterai dari remote yang sobat pakai. Untuk memastikannya, cobalah memperpendek jarak sobat dari TV yang sobat tonton. Jika memang demikian, segeralah mengganti baterai remote tersebut dan nikmati kenyamanan menonton kembali.

Remote Mati
Remote TV yang mati atau tidak berfungsi dapat saja disebabkan oleh habisnya tenaga baterai yang menggerakkannya. Hal ini tentu sangat mudah diatasi, tinggal ganti baterai, remote akan bekerja sempurna. Akan tetapi, remote mati dapat juga disebabkan oleh rusaknya komponen dalam rangkaian remote itu sendiri, baik Elco maupun lampu infra merah yang menjadi sensornya. Untuk kerusakan ini, buka dan ganti komponen tersebut atau percayakan pada ahlinya. 

Itulah beberapa tips mengatasi remote TV yang rusak sesuai kerusakan yang dialaminya. Memang di era yang serba digital saat ini, TV-TV sering didesain sedemikian rupa sehingga tidak ada tombol manual untuk mengoperasikannya, dan semua pengaturan berada di remote controlnya. Hal ini tentu akan sangat membuat kiat frustasi tatkala remote tersebut rusak. Semoga bermanfaat, salam.

No comments:

Post a Comment